Patung Surabaya

Patung Sura dan Baya

Patung Sura dan Baya

Patung Sura dan Buaya berlokasi di depan Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya. Monumen ini berupa sebuah patung hiu dan buaya yang merupakan lambang Kota Surabaya. Patung ini menceritakan legenda asal usul nama Kota Surabaya. Nama Kota Surabaya berasal dari kata; Sura (yang artinya Hiu dalam bahasa Indonesia) dan Baya (yang artinya Buaya dalam bahasa Indonesia.)

Ikan Hiu (Sura) penguasa lautan dan Buaya (Baya) penguasa sungaiKedua Binatang di gambarkan sedang berkelahi merebutkan wilayah kekuasaan. Yang pada akhirnya kedua hewan air ini sama-sama gugur, Dilokasi di mana kedua hewan ini ditemukan meninggal, lokasi tersebut dinamakan SURABAYA.

Monumen ini juga melambangkan keberanian masyarakat surabaya menghadapi bahaya.

Terdapat tiga buah patung berbentuk “suro dan boyo ini di surabaya, yaitu patung suro dan boyo yang berdiri di depan taman satwa, bantaran sungai kalimas-tepatnya berada di taman sket dan board di jalan ketabang kali. Dan Monumen Di bundaran Jalan Moh. Nasir surabaya.

Walau sama-sama berbentuk patung suro dan boyo, Ketiga patung ini memilki perbedaan. Patung suro dan boyo yang berada di ketabang kali -mulut ikan hiunya mengeluarkan air mancur. Sedangkan Monumen yang berada di bundaran jalan Moh. Nasir dengan latar belakang simbol Angkatan Laut, jangkar dengan burung garuda di atasnya. Hal ini dikarena monumen ini berada di kawasan Bumimoro (Akademi AL) dan pelabuhan tanjung perak.

Tinggalkan komentar